Wisata Alam – Hutan Mangrove PIK Jakarta

Cari Tujuan wisata?

Temukan tempat wisata menarik untuk anda dan keluarga anda

Wisata Alam – Hutan Mangrove PIK Jakarta

Hai….sudah pernah berkunjung ke Hutan Mangrove PIK Jakarta? tempat yang satu ini patut dikunjungi lho..wisata alam ini sudah sangat terkenal dan sering dikunjungi banyak orang.
walaupun kota Jakarta terkenal dengan kota yang padat penduduk, hutan beton serta macetnya tapi Jakarta masih punya tempat wisata alamnya yang hijau, nyaman, tenang dan indah juga.
Oya sebelum lebih jauh kita bicara tentang hutan yang juga terkenal dengan nama Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk ini, apakah Anda tahu apa itu Hutan mangrove dan manfaatnya? nah ini penjelasannya menurut wikipedia :
Hutan mangrove juga dikenal dengan sebutan hutan bakau dan terdapat disepanjang garis pantai kawasan tropis. Nah.. mengingat indonesia merupakan negara yang memiliki garis pantai terpanjang ke dua di dunia dan beriklim tropis maka tidak sulit untuk menemukan hutan bakau di hampir semua pesisir pantai di Indonesia. Luas bakau di Indonesia mencapai 25 persen dari total luas mangrove dunia. Namun sebagian kondisinya kritis dan penebangan liar.
Hutan mangrove/bakau ini sangatlah berguna dan penting dalam menjaga ekosistem di daerah pantai, mencegah abrasi pantai, mencegah intrusi air laut, berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir serta menjadi pencegah dan penyaring dan pengurai alami untuk bahan kimia. hebat bukan…? makanya karena tujuan itulah hutan mangrove PIK ini dilestarikan dan dipertahankan.

Lokasi.
Alamat Hutan Mangrove PIK berada di Jl. Pantai Indah Utara I Penjaringan Jakarta Utara. Anda punya beberapa pilihan untuk kesana menggunakan mobil atau motor pribadi dan juga transportasi umum
Nah anda menggunakan pribadi Dari tol Soekarno-Hatta – keluar tol menuju Pantai Indah Kapuk – jalan terus hingga perempatan Grand Cengkareng – belok kanan – perempatan – belok kanan – cari lokasi ekowisata di Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan.
Jika menggunakan transportasi umum, anda dapat menggunakan transjakarta dengan koridor busway nomer 9 . patokan paling mudah adalah cari Yayasan Budha Tzu Chi dan jalan ke arah belakang disitulah lokasi Hutan Mangrove PIK berada.
jika anda ingin menggunakan google map, dibagian bawah artikel ini anda akan menemukan peta lokasi wisatanya, silahkan klik “Get to the location”

1
2
3
4
5
6
7
8

Menikmati Alam
Nah.. sekarang waktunya menikmati alamnya. Untuk kenyamanan diusulkan anda datanglah pada pagi atau sore hari pada saat matahari belum terik karena namanya pantai pasti udaranya panas pada siang hari dan ini akan mengurangi kenyamanan wisata anda.
Saat anda masuk ke lokasi wisata anda akan disambut pemandangan yang sejuk nan hijau. jangan lupa beli tiket masuk yah, Tiket masuk Rp.25.000, peraturannya tidak boleh bawa makanan dari luar juga penggunaan kamera DLSR atau jenis tidak diperbolehkan, tapi untuk kamera hp di izinkan, oya silahkan baca dipapan pengumumannya.
Wisata Manggrove ini punya spot-spot yang dapat dikunjungi dan jalan setapak dengan kayu gelondongan akan menjadi jalan utamanya, keren bukan… nah disarankan pakailah sepatu yang nyaman untuk itu.
Nah jika anda punya hobi camping, maka ditempat ini juga disediakan camping ground, serta pondok-pondok mungil, sederhana, unik tapi keren yang disewakan untuk menginap
di tempat ini juga anda dapat dapat menikmati perairan disekitar pantai mangrovenya. untuk wisata airnya biaya sewa perahunya Rp.300ribu per 6 orang sedangkan untuk 8 orang Rp.400ribu, perahu dayung Rp.100ribu dan kano Rp.100ribu nah yang kayak gini nih enaknya patungan, sayang kalau sudah datang jauh-jauh tapi tidak menikmatinya..wisata ini.
Sekian dulu pembahasan tentang pantai mangrovenya, silahkan berkunjung dan selamat mengeksplorasi keindahan tempat wisata yang satu ini, di jamin anda tidak akan menyesal.

LEAVE A COMMENT